Seputar Peradilan

Dalam rangka penerapan e-Court di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pada hari Jum’at Tanggal 20 Juli 2018 beberapa Pengadilan Agama diantaranya Pengadilan Agama Bekasi, Pengadilan Agama Bogor, Pengadilan Agama Cibinong dan Pengadilan Agama Tangerang mengutus tim IT yang didampingi oleh Ketua untuk menghadiri sosialisasi e-Court ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat yang lebih dahulu telah melakukan implemenatsi e-Court.

Pengadilan Agama Jakarta Pusat adalah Pengadilan Agama pertama yang memperoleh akun e-Court dari Mahkamah Agung dan merupakan percontohan e-Court untuk Pengadilan Agama lainnya. Sampai dengan saat ini hanya beberapa Pengadilan yang menerima akun e-Court sebagian besar adalah Pengadilan Negeri.

Pada saat sosialisasi Bapak Iqbal selaku admin e-Court di Pengadilan Agama Jakarta pusat menjelaskan secara rinci mengenai aplikasi yang berbasis web tersebut. Untuk sementara ini hanya Kuasa Hukum dari Penggugat/Pemohon yang dapat melakukan pendaftaran perkara melalui e-Court dan beberapa bank saja yng bekerja sama berkaitan dengan sistem kerja e-Court.

Peserta studi banding sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Admin. Ketua Pengadilan Agama Bekasi, Ibu Dra. Hj. Siti Zurbaniyah menyempaikan pesan agar seluruh Pengadilan tingkat pertama menerima dengan pintu terbuka apa yang menjadi kebijakan Mahkamah Agung atas implementasi e-Court ini jangan lantas langsung menutup diri karena adanya kekurangan dari Aplikasi tersebut yang dirasa dapat mempersulit pekerjaan. Karena untuk ke depannya insya Allah dapat mempermudah pekerjaaan semua pihak.

Diharapkan beberapa bulan ke depan, Pengadilan Agama Bekasi dapat juga menerima akun e-Court dan memngimplemnetasikannya dengan baik

Berikut foto-foto Studi Banding e-Court di Jakarta Pusat:

ecourt

ecourt2