Inovasi Pelayanan Publik

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan informasi dan percepetan perkara para pencari keadilan di Pengadilan Agama Bekasi serta peningkatan kinerja bagi Pengawai Pengadilan Agama Bekasi, maka perlu adanya Inovasi dan pengembangan beberapa aplikasi dalam memenuhi kebutuhan tersebut. 

Berikut adalah inovasi-inovasi yang dibuat dan dikembangkan oleh tim IT di Pengadilan Agama Bekasi:

 

 Sistem Informasi Administrasi Surat Menyurat (SIAMAT)

 Aplikasi ini dibuat oleh tim IT Pengadilan Agama Bekasi dalam rangka membantu staf umum pada saat mengolah surat masuk dan surat keluar.

aplikasi siamat

 

Sistem Antrian Sidang Online

Antrian sidang dikembangkan oleh tim IT untuk mempermudah para pihak memperoleh informasi antrian ketika mereka akan melaksanakan sidang. Sistem Antrian Sidang Online terhubung dengan SIPP PA Bekasi dan memiliki dua fitur utama, yaitu Pengambilan Antrian Sidang dan Live Streaming Antrian Sidang.

1. Pengambilan Antrian Sidang 

Fitur ini digunakan untuk mengambil nomor antrian sidang di PA Bekasi secara online. Langkah penggunaannya sebagai berikutAkses website PA Bekasi di www.pa-bekasi.go.id; Pilih menu antrian sidang online; Masukkan Nomor Perkara; Pilih Cetak antrian sidang kemudian akan muncul tiket antrian; Screenshoot tiket antrian sidang dan tunjukkan pada petugas saat akan mengikuti persidangan.

Antrian Sidang

2. Live Streaming Antrian Sidang

Fitur ini digunakan untuk melihat proses antrian persidangan yang sedang berlangsung. Fitur ini juga terdapat pada website PA Bekasi. Dengan adanya fitur ini para pihak dapat menyesuaikan jadwal kedatangan untuk mengikuti proses persidangan dengan nomor antrian yang telah didapat sebelumnya secara online.

Antrian Sidang streaming

 

Aplikasi Keterbukaan Informasi Publik (AKIP)

AKIP atau aplikasi keterbukaan infromasi publik adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses seputar informasi mengenai Pengadilan Agama Bekasi, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dan Mahkamah Agung. Pada aplikasi AKIP ini juga terdapat informasi mengenai perkara di Pengadilan Agama Bekasi yang bersifat publik . Pengguna AKIP adalah pegawai Pengadilan Agama Bekasi dan Masyarakat secara umum yang ingin mendapatkan informasi. 

akip

 

Sistem Monitoring dan Evaluasi Penelusuran Perkara (SIMONEPP)

SIMONEPP merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan monitoring dan evaluasi perkara yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). SIMONEPP digunakan oleh bagian Kepaniteraan unutk membantu proses pemantuan perkara yang ada di Pengadilan Agama Bekasi

simonepp

 

Bantuan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (BAN-SEREP) 

BAN-SEREP merupakan aplikasi yang berisikan template-template yang dibutuhkan Hakim dan Panitera Pengganti dalam membuat putusan dan Berita Acara Sidang (BAS), sehingga sangat membantu dalam membuat Putusan dan BAS sesuai dengan kebutuhan masing-masing. BAN-SEREP dapat diakses oleh seluruh Hakim dan Panitera Pengganti dengan menggunakan akun masing-masing. 

banserep

 

Penilaian Kinerja Hakim (PERJAKIM) 

PERJAKIM merupakan aplikasi yang membantu pimpinan dalam melakukan Monitorng dan Evaluasi terhadap Kinerja dari para Hakim.

Perjakim 

 

Sistem Informasi Pelayanan PA Bekasi (SIAPE) 

Siape merupakan aplikasi Pengadilan Agama Bekasi untuk mempermudah petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dalam melayani para pihak perkara. Aplikasi SIAPE dapat di akses oleh petugas Pengadilan Agama Bekasi saja dan tidak bisa di akses di luar wilayah Pengadilan Agama saja. Kelebihan dari aplikasi SIAPE adalah supaya para pihak perkara lebih tertib untuk menunggu antrian.

siape

 

Sistem Kepuasan Masyarakat (SIPUKAT) 

Sipukat merupakan sistem yang terntegrasi dengan SIAPE (Sistem Informasi Pelayanan) yang bertujuan untuk menerima ekspresi masyarakat dalam pelayanan yang diberikan di Pengadilan Agama Bekasi.

sipukat

 

SIMONEPP merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan monitoring dan evaluasi perkara yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). SIMONEPP digunakan oleh bagian Kepaniteraan unutk membantu proses pemantuan perkara yang ada di Pengadilan Agama Bekasi