Selamat Datang di website Resmi Pengadilan Agama Bekasi, Kami mengutamakan Pelayanan Yang Prima Untuk Menuju Peradilan Yang Agung.........

Seputar Peradilan

RAPAT TIM REVIU SOP PENYELESAIAN PERKARA

PENGADILAN AGAMA BEKASI

Rapat Tim Reviu SOP 29012021 1

Bekasi – Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Bekasi, Tim Reviu SOP Penyelesaian Perkara mengadakan rapat terbatas untuk melakukan reviu terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelesaian Perkara Peradilan Agama pada hari Jum’at (29/01/2021). Kegiatan ini dihadiri Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, dan Tim Reviu SOP Pengadilan Agama Bekasi.

Berdasarkan surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) nomor 207/DjA.3/HM.00/1/2021 tentang Reviu SOP Penyelesaian Perkara pada tanggal 19 Januari 2021, bahwa tujuan diadakan reviu terhadapa SOP Penyelesaian Perkara Peradilan Agama yang diterbitkan Ditjen Badilag pada tahun 2015 ini sebagai bahan monitoring dan evaluasi sehingga dapat dilakukan penyempurnaan terhadap SOP secara cepat, tepat, mutakhir, dan sesuai kebutuhan.

Rapat Tim Reviu SOP 29012021 2

Hal ini sejalan dengan Peraturan Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2012 bahwa untuk menjaga efektivitas penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP)  dalam penyelesaian perkara, perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.

Pengadilan Agama Bekasi sebelumnya telah membentuk tim berisikan anggota yang memiliki kompetensi dan kapabilitas dalam bidang penyelesaian perkara untuk melakukan reviu terhadap SOP ini. Hasil reviu yang dituang dalam bentuk Lembar Kerja Reviu akan dikirimkan melalui surat elektronik (surel) ke Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

Rapat Tim Reviu SOP 29012021 3

Rapat Tim Reviu SOP 29012021 4

Diharapkan penatausahaan kegiatan reviu Standar Operasional Prosedur (SOP) ini dapat berjalan dengan baik dan kedepannya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti Zona Integritas, Reformasi Birokrasi, Akreditasi Penjaminan Mutu, dan lain sebagainya. (czn)